01 Desember 2008

Ujian Sekolah


Ujian akhir semester sedang dijalani mulai hari ini oleh Wafdan & Wafiy. Ini kali pertama buat Wafiy, yang sekarang baru menduduki bangku kelas satu SD. Sedangkan Wafdan, kelas tiga, sudah terbiasa dengan ujian-ujian di sekolahnya.

Ke-dua anakku ini ternyata memiliki perbedaan sikap dan gaya dalam menghadapi ujian sekolah. Perbedaan mereka terlihat juga dalam menghadapi hal lainnya. Wafiy cenderung lebih nyantai dan easy going. Tak ada beban, dan pengaruh entah ia nantinya bisa apa enggak. Bahkan tak ada bedanya antara hari-hari biasa sekolah dengan hari-hari ujian. Nampaknya Wafiy memang belum terlalu muncul self responsibility dalam dirinya.

Wafdan dari kelas satu dulu, cenderung kepikiran dan akan tenang bila ia merasa sudah selesai membaca materi melalui resume yang dibagikan. Tanpa disuruh dan dikejar-kejar, Wafdan akan dengan kesadaran sendiri mempelajari materi-materi ujian. Sementara, Wafiy harus apa-apa disediakan. Materi-materi dibacakan, sementara ia sendiri kelihatan cuek dan tak mau tahu…..

Usia matang Wafdan memasuki bangku sekolah memang terbukti menunjukkan kematangan sikap juga. Terutama dalam tanggungjawab pribadi. Dari urusan sholat, jam berangkat sekolah, kapan belajar, persiapan sekolah, dan lain sebagainya. Terkadang keseriusannya dalam berbagai hal membuat aku dan suami sedikit khawatir. Bahkan beberapa kali kami mesti mengingatkan dan memancingnya supaya lebih ceria sebagaimana nuansa masa kanak-kanak seharusnya.

Alhamdulillah, sejauh ini Wafdan senantiasa menunjukkan prestasi yang bagus. Dari kelas satu, setiap kenaikan kelas ia berada di peringkat atas. Untuk Dhe’ Wafiy; kami tidak menuntut prestasi akademis yang mulul-muluk. Kami mengikuti gayanya yang nyantai, asalkan tidak lengah. Dunia anak-anak serba indah dan ceria memang masih pantas mewarnai kehidupannya. Insya Allah dengan berjalannya waktu, kesadaran untuk memunculkan potensi dirinya akan terjelang.

Selamat menjalani ujian, Anak-anakku… Semoga Allah SWT membimbing kalian.

Tidak ada komentar: