11 Desember 2008

Sup Daging Sapi "UkHuWaH"




Siapa tak kenal dengan Bude Ryan di perumahan kami? (ada juga kok yang gak kenal he-he)
Ibu yang satu ini memang baik banget, hingga kebanyakan orang-orang yang tinggal di sekitar rumahku kenal akrab dengannya. Orangnya ramah, toleran, solidaritasnya tinggi banget, kadang-kadang heboh dengan ketawanya yang khas: ...."Kik.kik.kik.ki.ki..ki...ki......." begitu kira-kira bunyinya.


Kami tak hanya kenal dengannya, tapi merasa dekat dan akrabb. Subhanalloh... inilah nilai plus yang bisa dicontoh dari sikap Bude Ryan yang penuh empati kepada orang lain, hingga menimbulkan ukhuwah yang indah di antara kami.
Bude Ryan berbagi resep sup kambingnya yang uenaaak.....sekali. Hanya saja, karena waktu itu yang kami miliki di rumah adalah daging sapi, maka aku mencoba mempraktekkan resepnya dengan daging sapi. Ternyata nggak beda jauh kok rasanya.


Bahan-bahan:
Daging sapi dipotong sesuai selera
Biji pala
Jahe
Daun bawang
Daun jeruk
Bawang merah goreng
Garam & gula pasir secukupnya


Bumbu Halus:
Bawang putih
Lada


Proses Memasak:
Rebus daging sampai empuk. Memarkan jahe dan pala, masukkan ke dalam rebusan daging. Tambahkan pula daun jeruk beberapa lembar. Masukkan bumbu halus yang sudah ditumis sampai wangi. Tambahkan irisan daun bawang. Beri garam & gula pasir secukupnya. Setelah matang, matikan api dan taburi dengan bawang goreng.


Nah... bila dinikmati sebagai lauk atau digado panas-panas; alhamdulillaah.... nikmat sekali.

Tidak ada komentar: