28 Januari 2009

Lidah Putih

Dua hari ini lidah Daniya nampak berwarna putih. Setelah aku amati, ternyata ada semacam endapan putih atau kerak yang menempel melapisi lidahnya. Kemungkinan besar hal ini disebabkan sisa makanan atau minuman yang dikonsumsi Daniya. Mengingat Daniya sekarang tak lagi hanya mengkonsumsi ASI.

Berdasarkan referensi yang kubaca, ASI tidak menyebabkan endapan putih di permukaan lidah. Biasanya yang menyebabkan lapisan putih tersebut adalah sisa susu formula yang dikonsumsi bayi. Nah, karena Daniya sama sekali tak mengkonsumsi susu formula, maka aku simpulkan bahwa penyebab lapisan putih di permukaan lidahnya adalah sisa makanan atau minuman selain ASI.

Untuk membersihkan, sebenarnya mudah berdasarkan teori. Yang sulit adalah mengkondisikan bayi/anak kita yang akan dibersihkan. Biasanya ia akan berontak, karena merasa tak nyaman akibat mulutnya dibuka secara paksa padahal tak disuapi makanan, melainkan dikorek-korek.

Untuk itu, perlu kesabaran dan mencoba simpanan jurus-jurus menaklukkan anak ^__^
(untuk jurus-jurusnya, para ibu tentu sudah memiliki masing-masing yang spesial bagi buah hatinya)

Adapun teori membersihkan lidah bayi sebagai berikut:
1. Mencuci bersih tangan kita
2. Menyiapkan potongan kasa steril dan air matang hangat
3. Menggendong atau memangku bayi pada posisi wajah menghadap pada diri kita
4. Membalut jari telunjuk atau kelingking dengan kain kasa kemudian celupkan air hangat
5. Memasukkan jari dengan kain kasa dengan lembut ke dalam mulut bayi, tekan dan usap lidahnya. Jangan terlalu dalam agar bayi tidak muntah
(sumber: hprimaywati.multiply.com)

Nah, selamat mencoba untuk yang sedang mengalami masalah ini.

Tidak ada komentar: