05 Februari 2009

NaSi GoReNg UmMi

Anak-anak, terutama Wafdan amat menggemari nasi goreng. Yang lebih menyenangkan, Wafdan paling suka nasi goreng buatan ummi. Tak bosan-bosannya ia berpesan: "Ummi, kiriman makan siangnya nasi goreng aja ya!"
Alhamdulillah. Padahal ummi memasaknya biasa saja, malah tak pernah memakai penyedap makanan sebagaimana yang biasa ditambahkan pada nasi goreng yang dijual. Menurut Wafdan, nasi goreng ummi selain sedap, juga tak pedas.
Beda dengan nasi goreng yang dijual. Beberapa kali Wafdan pesan supaya tak pedas, eh...kenyataannya tetep dikasih cabe juga oleh kokinya. Pernah juga Wafdan pesan nasi goreng sea food di sebuah resto ketika buka puasa Ramadhan lalu, pas giliran makan...katanya: "Rasanya asin doang..." Akhirnya abi & ummi terpaksa membujuk untuk menghabiskannya. Takut mubadzir.
Untuk itu, ummi dengan senang hati membuatkan nasi goreng buat anak-anak. O, ya.. memang ada satu bumbu spesial supaya masakan ummi enak. Yakni...:'perasaan sayang' ^_^
Bahan:
2 piring nasi putih (jangan terlalu lembek)
2 sdm minyak goreng
Bumbu:
2 siung bawang putih, dimemarkan
2 bawang merah
1 sdm garam
2 sdm kecap
Daun bawang dipotong kecil-kecil
Bahan pelengkap:
1 potong daging ayam rebus disuwir-suwir
2 bakso sapi besar, dipotong kecil-kecil
1 sosis sapi dipotong kecil-kecil
1 butir telor ayam
Proses memasak:
Panaskan minyak goreng, masukkan irisan bawang merah disusul bawang putih yang sudah dimemarkan. Setelah wangi, masukkan suwiran ayam, bakso, sosis, dan daun bawang sambil terus ditumis. Pecahkan satu butir telor, diamkan sejenak lalu diaduk-aduk.
Masukkan nasi putih, aduk-aduk, sambil dibumbui garam dan kecap. Aduk terus hingga rata dan matang.
Nah, siap disajikan dengan taburan bawang goreng dan telor dadar/mata sapi.
Hiasan fleksibel, bisa: selada keriting, timun, tomat, seledri...atau sesuai selera.
Yummy!


Tidak ada komentar: